Apakah Sekarang Ada Orang Di Syurga?



Apakah Sekarang Ada Orang Di Surga?

Soal :
Apakah sekarang ada orang di surga selain para nabi dan malaikat atau kita semua harus menunggu hari kiamat sebelum kita masuk surga atau neraka ? Saya mendengar bahwa beberapa oarang telah melihat surga, atau mereka sekarang di surga, atau mereka telah pergi ke surga dan telah melihat apa-apa yang ada di dalamnya, padahal mereka bukanlah para nabi atau malaikat.

Jawab :
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah.

Surga telah diciptakan Allah dan telah selesai proses penciptaannya berdasarkan firman-Nya di dalam hadits qudsi:

"Aku telah sediakan untuk hamba-hambaku yang shalih (surga) yang tak pernah terlihat oleh mata …"

Juga karena Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam telah melihatnya pada malam Isra dan Mi'raj serta dalil dalil lainnya.


Apakah ada orang yang memasukinya sebelum kiamat ?


Yang jelas hal itu ada dua macam.


Pertama : masuknya orang itu hanya ruhnya saja sebagaimana keadaan orang-orang yang sudah mati. Dan ini adalah pasti bagi para nabi dan para syuhada yang ruh-ruh mereka berupa burung-burung hijau yang beterbangan di surga. Sebagaimana keadaan yang digambarkan di dalam hadits-hadits yang dikhabarkan oleh Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam, bahwa beliau masuk ke surga di dalam mimpi, maka keadaannya adalah keadaan arwah. Kedua : Adapun masuk surga dengan jasad dan ruh sekaligus maka hal itu akan terjadi pada hari kiamat untuk manusia dan jin. Dikecualikan dari hal itu apa-apa yang dijelaskan oleh Allah bahwa Adam 'alaihi salam dulu berada di surga sebelum diturunkan ke bumi sebagaimana yang diterangkan oleh Ibnul Qoyyim rahimahullah dan yang lainnya Wallahu 'alam.

Islam Tanya & Jawab
Syeikh Muhammad Sholih Al-Munajid

******

Patutkah tiap-tiap seorang dari mereka berharap supaya dimasukkan ke dalam Syurga yang penuh nikmat (sedang ia tidak beriman)?
(Al-Ma'aarij 70:38)

Ia memasukkan sesiapa yang dikehendakiNya (menurut aturan yang ditetapkan) ke dalam rahmatNya (dengan ditempatkannya di dalam Syurga); dan orang-orang yang zalim, Ia menyediakan untuk mereka azab seksa yang tidak terperi sakitnya.
(Al-Insaan 76:31)

"Dan masuklah ke dalam SyurgaKu! "
(Al-Fajr 89:30)

notahati - nabi Idris pun dah di dalam syurga, tak mahu balik ke dunia, bacalah kisahnya
hanya segelintir yang tahu, yang memahami kalam Tuhannya.

subhanallah.


Syukran jiddan ..sudi baca entry nie


2 comments

14 September 2012 10:34 PTG

SUBHANALLAH

15 September 2012 5:48 PTG

ALLAHUAKBAR....rindunya nak tengok Syurga...tak tergambaq indahnya...

Catat Ulasan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Full Edit By Nabila Medan. All Right Reserved To Me.